-->

Cara Mencari Driver yang Cocok

Driver adalah sebuah software yang menjalankan hardware, misalkan "Wifi Card" adalah Hardware yang bisa menangkap sinyal wifi dan menjadikannya sebuah koneksi internet yang bisa dipakai di laptop. Nah driver inilah yang membuat "Wifi Card" berfungsi di Laptop/PC kita.

Driver Perlu di Install biasanya setelah Menginstal Operation System (OS). Pada saat membeli Laptop/PC baru, anda akan mendapat CD Drivernya, kalau sekarang umumnya Laptop/PC recomended OS Windows 8.
Tapi anda ingin menginstal Win 7, nah CD yang berisi installer Driver nya ini tidak cocok dengan OS anda.
Maka dari itu Lakukan Langkah berikut ini:

1.) Buka Start dan Klik Kanan pada Menu "Computer" dan pilih "Manage" ~ Langkah ini bertujuan untuk mengakses "Computer Management"
2.) Setelah Muncul "Computer Management", klik "Device Manager". Dari sini kita bisa melihat driver mana yang harus di update, biasanya kalau ada driver yang out of date / tidak update akan ada tanda seru pada icon drivernya. Misalkan driver WIFI saya tidak update.
3,) Maka saya akan klik bagian "Network Adapter", setelah itu klik kanan pada "Wifi Miniport Adapter" dan pilih "Properties".
4.) Setelah muncul properties nya, pilih menu "Details" dan ganti "Device Description" dengan "Hardware Ids"
5.) Buka google di tab baru
6.) Salin / Copy Value nya dan Paste / Tempel di pencarian.
7.) Cari yang menurut anda webnya tepat, lalu Download & Install

Tambahan:
Kalau misalkan driver yang di download tidak ada file "setup.exe" atau file executable lainnya, misal seperti ini



Lihat pada langkah ke (3) sebelumnya, pilih "Update Driver Software"





Setelah itu pilih "Browse My Computer "


Kemudian Copy lokasi driver yang tidak ada file "setup.exe" atau file executable tersebut seperti ini dan klik next next saja dan driver akan otomatis terinstall.


Cara Ini Bisa Anda Lakukan Untuk Mencari dan Meng-update Driver Lainnya.
Sama seperi di atas, anda hanya perlu menyalin value dari Hardware Ids nya.
Lalu paste di pencarian.
Salah Satu Website Penyedia Driver Gratis Untuk semua jenis Os, Laptop, dll adalah devid.info


Jika masih belum ketemu, anda bisa mencoba untuk mencari di Website Resmi merk Laptop/PC anda, misalkan punya saya merknya ASUS model X457MA dengan OS Win 7, maka saya tulis di pencarian google "Driver ASUS X457MA Windows 7".
Nah dari situ saya dapet drivernya lengkap, tapi karena tidak semua produk menyediakan dukungan seperti itu, atau sebagian tidak memiliki kebutuhan yang cocok untuk beberapa produk laptop tertentu seperti tidak ada pilihan untuk OS Windows 7. Jadi saya membuatkan cara Manual installasi driver agar lebih memahami lagi tentang installasi Windows di Laptop / PC.

Semoga Membantu.
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.